KAMU = Independent Hikers, itu apa sih Kak Bintang?

BINTANG = Itu nama komunitas kita, Komunitas Pendaki Gunung

Kegiatannya apa kak?

Mendaki Gunung, Camping Ceria, tidur di tenda, bertemu dengan teman-teman baru, ngobrol gak jelas, ngopi bareng, bercanda dan kegiatan-kegiatan di pegunungan lainnya. Oya, kalau pagi-pagi bangun tidur di gunung, kita nyari semak2 terus menggali tanah.

Buat apa kak?

Emmmm…. Ah… gitu.

Terus, tujuannya mendaki gunung apa sih kak?

Olah raga, rekreasi, persahabatan.

Kalau mendaki gunung gitu, biasanya berapa orang yang ikut?

Beda-beda, kadang ya hanya belasan orang. Kadang kalau acara nasional bisa ratusan orang.

Capek gak sih kak Mendaki Gunung?

Ya capek. Dalam sehari kita bisa jalan 2 hingga 8 jam atau lebih tergantung jalur pendakian gunung.

Wah.. berat juga ya..

Tapi kalau sudah ada niat dan bener-bener seneng, jadi kuat kok.

Kegiatan kalau mendaki gunung itu apa saja?

Ya naik gunung, sampai atas mendirikan tenda, makan, tidur, pagi bangun menikmati matahari terbit, sekitar jam 10 pagi beres-beres, kemudian turun. Sudah gitu saja.

Gak ada kegiatan upacara atau apa itu di gunung?

Tidak ada kegiatan yang serius. Yang ada ya paling ngobrol, bercanda sama teman-teman. Karena tujuan kita mendaki gunung kan memang untuk rekreasi, olahraga dan persahabatan.

Kenapa, komunitas ini disebut Independent Hikers?

Karena kita punya semboyan “Mandiri dalam kebersamaan”. Maksudnya, meskipun kita berangkat mendakinya bareng-bareng tetapi setiap pendaki harus mandiri dalam membawa peralatan dan bekal mendaki gunung.

Selain itu, setiap pendaki juga harus tahu jalur pendakian yang akan dilaluinya, untuk menghindari salah jalur atau tersesat. Gak boleh sekedar ikut-ikutan.

Cara mendaki mendaki semacam ini disebut Konsep Independent Hiking atau Konsep Mendaki Mandiri.

Mengapa harus dibawa sendiri?

Ya.. demi kenyamanan dan kemananan kamu sendiri di gunung.

Maksudnya nyaman dan aman itu gimana kak?

Nyaman, maksudnya kamu punya kamar pribadi di gunung lengkap dengan semua peralatan pribadi yang hanya kamu pakai sendiri dan bekal yang kamu konsumsi sendiri.

Aman, maksudnya arena kamu membawa perlengkapan dan bekal sendiri, maka lebih aman apabila terpisah dengan rombongan.

Kalau semua dibawa sendiri, berat dong?

Berat atau ringan, itu tergantung bagaimana kamu memilih peralatan. Sekarang ini sudah ada peralatan mendaki gunung yang ringan-ringan. Dulu ketika orang mendaki gunung, peralatan mendaki lengkap itu beratnya bisa 10-15 kg. Sekarang dengan peralatan yang ringan peralatan mendaki lengkap hanya 5-6 kg.

Nah, cara mendaki gunung dengan memilih peralatan yang ringan, itu namanya Ultralight Hiking.

Oya, kan Independent Hikers artinya setiap orang harus membawa peralatan dan bekal sendiri. Kalau mendaki sama keluarga atau pasangan gimana? Apakah gak boleh satu tenda?

Boleh. Nah ini yang perlu dipahami. Sistem Mendaki Mandiri sebenarnya tidaklah membatasi keluarga, pasangan atau sahabat untuk bisa berkumpul bersama dalam 1 tenda di gunung. Yang penting, 1 orang atau 1 kelompok orang yang saling kompak jalannya harus mandiri dalam memenuhi kebutuhannya di gunung.

Cara bergabung dengan Komunitas Independent Hikers?

Isi formulir pendaftaran yang ada di website www.independenthikers.com, semudah itu…

Apa syarat bergabung dengan Independent Hikers?

Syaratnya sebagai berikut:

  1. Manusia, pria atau wanita, usia 17 tahun keatas. Kita tidak menerima anggota dari jenis tanaman, hewan dan makhluk ghaib.
  2. Sehat, tidak punya penyakit yang rentan, misalnya asma dan jantung.
  3. Ingin mendaki gunung atas kehendak sendiri, bukan dipaksa atau dibujuk orang lain.
  4. Siap bertanggungjawab terhadap diri sendiri atas keselamatan dan resiko yang terjadi selama mengikuti kegiatan mendaki gunung.

Itu saja sih syarat-nya.

Bayar gak?

Sepenuhnya gratis. Tidak ada iyuran bulanan atau tahunan.

Paling-paling waktu kamu bergabug pertama kali, kamu perlu beli Kaos Independent Hikers dan artibut Independent Hikers lain supaya kalau kamu mendaki bareng, kamu bisa dikenali sebagai anggota Independent Hikers. Harganya juga murah, gak sampai 200ribu dan bisa dipakai dalam jangka panjang, selama gak ilang atau dicuri orang.

Beli Atribut Independent Hikers dimana kak?

Atribut Independent Hikers sudah bisa dipesan melalui Tokopedia, BukaLapak dan Shopee, klik icon dibawah ini:

 

Kalau mengikuti kegiatan mendaki gunung gitu, gratis juga?

Kalau mendaki gunung ya ada biaya, tapi ringan kok, masih kisaran serratus ribu. Karena untuk mendapatkan izin mendaki gunung itu harus bayar, dan juga karena Panitia ngurusi banyak orang pastinya ada biaya-biaya untuk mengelola orang-orang yang mendaki Bersama.

Setelah gabung di Independent Hikers dapat apa?

Gak dapat apa-apa. Kan kamu gabung di Independent Hikers untuk mendaki gunung bersama teman-teman baru. Bukan untuk mendapatkan sesuatu.

Gak ada pelatihan atau pendidikan untuk anggota baru?

Tidak ada. Langsung ikut mendaki bareng-bareng saja. Pilih gunung yang ringan, yang bisa ditembuh dalam 2 hari 1 malam.

Caranya aku bisa ketemu dengan anggota Independent Hikers gimana?

Setelah pendaftaranmu diterima, kamu akan dimasukkan dalam group Telegram Independent Hikers Pusat, setelah itu kamu bisa gabung di Group Telegram IH Provinsi agar kamu bisa ketemu dengan sesama anggota IH yang satu provinsi denganmu.

Kenapa pakai Telegram, bukankah WhatsApp lebih populer?

Jumlah anggota group WhatsApp kan dibatasi 250 nomor. Sedangkan kalau Telegram bisa ribuan anggota group-nya. Cocok untuk Independent Hikers yang anggota-nya ribuan.

Dapat kartu anggota tidak?

Tidak.

Mengapa tidak?

Kurang penting menurut saya. Lagipula, Independent Hikers itu mengajarkan kepraktisan. Hindari membawa hal-hal yang gak penting kalau ke gunung.

Tujuan kartu anggota kan sekedar sebagai bukti bahwa kamu adalah Anggota IH. Ya kalau kamu mau membuktikan kepada orang-orang bahwa kamu anggota IH, caranya adalah kamu mendaki gunung pakai kaos Independent Hikers, kemudian foto, lalu upload di instagram. Maka itu cara yang paling benar untuk menunjukkan bahwa kamu Anggota IH.

Tapi, sebagai ganti kartu anggota, kita ada kalung tanda anggota. Lebih keren daripada kartu anggota.

Aku punya adek usianya 13 tahun, boleh gak ikut Independent Hikers?

Boleh, tapi ketika mendaki harus didampingi oleh saudara atau keluarganya sebagai penanggungjawab yang usianya diatas 17 tahun.

Kemarin, 24 September 2019, saya mendaki Gunung Gede di Jawa Barat, ada juga peserta usia 9 tahun, didampingi sama Ayahnya.

Independent Hikers anggotanya berapa dan sudah ada dimana saja?

Tulisan ini ini dibuat bulan September 2019, orang yang sudah mendaftar sebagai anggota Independent Hikers melalui website sudah lebih dari 1000 orang dari seluruh Indonesia. Tapi yang sangat aktif melakukan pendakian bersama, sekitar 70%.

Kalau chapter atau chabang Independent Hikers, sudah terbentuk di Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat yang paling ramai. Sedangkan untuk daerah Sulawesi, Kalimantan, Maluku, Sumatera dan daerah-daerah lain sudah ada anggotanya yang aktif melakukan pendakian, tapi belum banyak.

Proses pembentukan chapter itu gimana kak?

Minimal ada 5 orang satu provinsi yang berkumpul, kemudian rapat untuk menentukan Gubenur, Wakil Gubenur dan Sekretaris. Kemudian hasil rapat dikabarkan ke Admin Independent Hikers. Semudah itu pembentukannya.

Aku kan belum pernah mendaki gunung nih, boleh gabung gak?

Justru itu. Kalau kamu belum pernah mendaki gunung, dan kamu ingin mulai mendaki gunung kamu wajib bergabung dengan Independent Hikers atau komunitas sejenis Independent Hikers.

Komunitas Independent Hikers ini dibuat untuk mencari teman mendaki gunung. Jangan sampai kamu mendaki gunung sendirian atau Bersama teman-teman yang sama-sama belum pernah mendaki gunung. Bisa bahaya.

Aku kan sama sekali belum pernah mendaki gunung, setelah aku mendaftar sebagai Anggota Independent Hikers, apakah ada semacam pendidikan atau ujian kelayakan?

Tidak ada ujian yang aneh-aneh. Di Independent Hikers juga tidak ada senioritas. Semuanya dianggap setara dan semuanya saudara.

Kalau kamu sama sekali belum pernah mendaki gunung, saya sarankan menonton video Panduan Mendaki Gunung Untuk Pemula.

Atau langsung saja ikut mendaki gunung, nanti akan diarahkan oleh anggota Independet Hikers lain yang sudah berpengalaman.

Pokoknya, komunitas kita itu santai, gak ribet.

Terus kalau gak ada pendidikan dasar dan gak ada ujian, untuk membedakan Independent Hikers dan bukan itu gimana?

Syarat Independent Hikers ada 3, yaitu ketika mendaki gunung dia harus

  1. Membawa semua peralatan mendaki sendiri
  2. Membawa semua bekal makan dan minum sendiri
  3. Mengetahui peta/rute/jalur pendakian di gunung yang sedang didaki

Kalau kamu sudah memenuhi 3 syarat diatas, maka kamu layak disebut Independent Hikers.

Kak Bintang, aku ingin ikut mendaki, tapi kan aku belum punya peralatan mendaki. Gimana dong?

Tidak harus beli semuanya dulu. Atau kalau mau beli, beli matras angin, sleepingbag dan sepatu gunung. Yang lainnya, misalnya untuk tenda dan peralatan masak, bisa pinjam atau sementara gabung dengan teman Independent Hikers yang lain.

Ketika ikut mendaki gunung, kamu juga bisa melihat variasi peralatan mendaki gunung yang dibawa teman-teman Independent Hikers. Sehingga kamu bisa memilih peralatan yang sekiranya cocok untuk dirimu.

Mendaki Gunung Bahaya Gak Sih?

Bayaha kalau kamu kurang persiapan. Kalau semuanya peralatan, kesehatan fisik, kesehatan mental dan bekal lengkap, insyaAllah sangat aman. Selama ini, kalau ada orang yang meninggal di gunung, itu biasanya karena kurang persiapan atau ceroboh atau meremehkan gunung.

Oya, sebenarnya mendaki gunung itu kegiatan yang aman. Lebih aman daripada naik motor.

Masa sih kak?

Iya, karena menurut data kepolisian, tiap tahun itu ada sekitar 28.000 orang meninggal karena kecelakanan motor atau mobil di Indonesia. Artinya setiap hari rata-rata ada 76 orang meninggal di jalan.

Sementara, orang meninggal di gunung seluruh Indonesia, belum tentu setiap tahun ada. Namun jadi viral beritanya, karena kejadian tersebut jarang ada. Kan berita jadi menarik kalau kejadian tersebut jarang terjadi.

Satu lagi pertanyaanku kak, di Independent Hikers ada senioritas?

Kenapa tanya begitu?

Kalau ada senioritas aku gak mau gabung kak. Soalnya takut dibuli atau diuji oleh senior. 

Oh, tenang saja. Di Independent Hikers gak ada senioritas. Semua anggota, baik yang sudah lama bergabung dan yang baru, dianggap sama derajadnya sebagai manusia. Intinya, Komunitas Independent Hikers itu isinya rekreasi, olahraga dan persahabatan. Tidak ada yang aneh-aneh.

Masih ada pertanyaan lagi?

Tidak ada kak. Sudah sangat jelas.

 

 3,555 total views,  2 views today