Sistem Organisasi Opensource

Independent Hikers (IH) bukan milik Founder (Pendiri Independent Hikers), bukan juga milik Gubernur (Pengurus Provinsi) dan para pengurus lainnya. Independent Hikers adalah milik semua anggota yang tergabung di Independent Hikers.

Keberadaan Pengurus Pusat dan Pengurus Provinsi adalah sekedar untuk mempermudah para anggota Independent Hikers dalam melakukan kegiatan pendakian gunung bersama.

Tidak ada senioritas dalam Independent Hikers. Semua anggota boleh ikut mengembangkan kegiatan Independent Hikers di daerah-nya masing-masing. Pembentukan kepengurusan daerah (Chapter) tidak perlu keputusan dari pusat, melainkan diputuskan sendiri-sendiri oleh anggota-anggota yang hadir dalam musyawarah atau voting di daerah masing-masing.

Setiap anggota Independent Hikers boleh mencetak sendiri Logo Indpendent Hikers Standar (bukan logo provinsi) pada kaos atau pada media apapun dan memakainya dalam kegiatan pendakian gunung atau kegiatan sehari-hari, tanpa harus meminta izin dari pengurus Independent Hikers pusat.

 

Keanggotaan 100% Gratis, Tanpa Iyuran Rutin

Pengurus Independent Hikers, baik pusat maupun provinsi, tidak pernah dan tidak boleh memungut iyuran rutin bulanan atau tahunan dari para anggota.

Anggota Independent Hikers hanya perlu membayar biaya mendaki untuk mengikuti kegiatan pendakian gunung. Biaya tersebut digunakan untuk simaksi (surat izin mendaki), perlengkapan pendukung kegiatan bersama, dan pengelolaan acara.

 

Keuangan IH Pusat

Independent Hikers adalah organisasi non-profil, bukan organisasi bisnis. Independent Hikers tidak dibuat untuk mencari keuntungan finansial. Para Pendiri membuat Independent Hikers sekedar untuk memeriahkan hobi mendaki gunung di Indonesia.

Pada tahap awal organisasi ini dibentuk, sepenuhnya biaya berasal dari kantong pribadi para pendiri. Bahkan sampai saat ini, ketika ada acara pendakian atas nama Independent Hikers, para pengurus masih menggunakan uang pribadi untuk transportasi, simaksi dan biaya-biaya lainnya.

Untuk pengembangan komunitas, Independent Hikers menerima donasi dari siapa saja. Uang yang terkumpul dari donasi sepenuhnya digunakan untuk kepentingan komunitas. Laporan kas donasi bisa dilihat oleh siapa saja secara real time. Donasi bisa ditransfer ke rekening Sekretaris Independent Hikers Pusat, yaitu:

 

Keuangan IH Provinsi

Sumber dana IH Provinsi berasal dari anggota yang mengikuti kegiatan pendakian gunung yang diadakan oleh IH Provinsi. Ketika melakukan kegiatan pendakian gunung, biaya yang dibayarkan peserta untuk mengikuti kegiatan harus dibuat sedikit lebih besar dari pengeluaran (simaksi, perlengkapan, transportasi bersama, dsb.) agar ada selisih untuk Kas IH Provinsi yang bisa dimanfaatkan untuk mengelola IH Provinsi.

Siapa saja juga boleh memberikan donasi kepada IH Provinsi. Silakan menghubungi Pengurus Provinsi untuk mendapatkan rekening donasi. Pencatatan Kas Provinsi dilakukan oleh Sekretaris Provinsi dan keluar-masuknya harus atas sepengetahuan/pesertujuan Gubernur dan Wakil Gubernur.

 

Prosedur Pembentukan Pengurus Provinsi

  1. Ada setidaknya 5 Anggota Independent Hikers dalam satu provinsi yang berkumpul, kemudian 5 orang atau lebih tersebut melakukan musyawarah atau voting untuk memilih “Gubernur” (Koordinator Provinsi). Undangan berkumpul untuk pembentukan Gubernur harus disampaikan di Group Telegram IH Provinsi terkait.
  2. Apabila sudah terpilih Gubernur, maka tugas pertama Gubernur adalah:
    • Membentuk kepengurusan, minimal harus ada Wakil Gubernur dan Sekretaris Provinsi.
    • Menentukan Logo Independent Hikers Provinsi
    • Membuat akun Instagram IH Provinsi, boleh juga ditambahkan Channel Youtube IH Provinsi.
    • Menentukan alamat basecamp IH Provinsi.
    • Menyiapkan nomor untuk menjadi Admin Group Telegram Independent Hikers provinsi. Boleh menggunakan nomor yang sudah ada.
    • Desain logo dan data kepengurusan IH Provinsi dikirimkan kepada Bro Rindho 081238658122 (Wakil Presiden Independent Hikers Pusat) untuk ditampilkan di website independenthikers.com
  3. Logo IH Provinsi harus mengandung unsur Logo Dasar Independent Hikers, yaitu berupa “Dua Puncak Gunung dan Matahari”. Klik Download Logo Independent Hikers Standar
  4. Setiap provinsi diperbolehkan membuat kegiatan Komunitas Independent Hikers tersendiri, yaitu berupa Camping Ceria, Pendakian Bersama atau kegiatan lain yang berkaitan dengan alam. Kegiatan setiap provinsi diatur oleh Gubernur masing-masing.
  5. Gubernur tidak boleh secara sepihak memasukkan orang untuk menjadi Anggota Independent Hikers. Setiap calon Anggota Independent Hikers harus mendaftar melalui website www.independenthikers.com dan seleksi anggota dilakukan oleh Pendiri Independent Hikers secara langsung.
  6. Masa jabatan gubenur adalah selamanya. Yaitu, selama masih mampu mendaki gunung dan mau aktif mengelola kegiatan IH Provinsi.
  7. Proses pergantian gubernur dilakukan dengan musyawarah mufakat atau voting antara pengurus dan aktivisi IH Provinsi yang sudah ada.

 

Struktur Organisasi

CATATAN = Mendaki gunung adalah “mainan” remaja dan orang dewasa. Maka dari itu, jabatan tersebut diatas hanyalah jabatan dalam dunia permainan. Tidak perlu dianggap serius. Independent Hikers tidak bermaksud mendirikan negara sendiri didalam negara Indonesia tercinta ini.

 

 

Fungsi Setiap Jabatan

 

Presiden

  1. Menggagas Independent Hiking (Sistem Mendaki Mandiri) dan membentuk Komunitas Independent Hikers bersama rekan-rekan pendaki gunung yang sepemikiran.
  2. Menyusun AD-ART Komunitas Independent Hikers, alias menyusun panduan dasar dalam organisasi Indpendent Hikers.
  3. Menentukan logo dan desain atribut Independent Hikers
  4. Menyelesaikan permasalahan dan membuat keputusan terkait Komunitas Independent Hikers.
  5. Menunjuk wakil presiden, sekretaris dan kepengurusan Independent Hikers pusat.

 

Wakil Presiden – Call/WA 081238658122

  1. Merencanakan, memutuskan dan mengelola kegiatan Independent Hikers pusat
  2. Membentuk Tim Panitia (Satgas) yang bisa diandalkan untuk mengelola suatu kegiatan.
  3. Aktif dalam Group Telegram Independent Hiker sebagai Admin
  4. Mengelola YouTube dan Instagram Independent Hikers pusat
  5. Contact Center, tempat bertanya segala hal tentang Independent Hikers pusat

 

Sekretaris Pusat – Call/WA 081215844178

  1. Menyeleksi dan mengelola pendaftaran anggota baru
  2. Memproses pesanan merchandise Independent Hikers

 

Gubernur Provinsi

  1. Merencanakan, memutuskan dan mengelola kegiatan IH Provinsi.
  2. Menunjuk wakil gubenur dan sekretaris provinsi.
  3. Membentuk Tim Panitia (Satgas) yang bisa diandalkan setiap ada kegiatan IH Provinsi.
  4. Menentukan logo resmi IH Provinsi.
  5. Mengelola pengadaan kaos dan atribut IH Provinsi.
  6. Menjadi admin Group Telegram IH Provinsi.
  7. Mengelola media sosial resmi IH Provinsi. Gubernur berhak memberikan akses kepada wakil gubenur, sekretaris atau anggota lain untuk ikut mengelola media sosial.
  8. Diberi akses ke database seluruh Anggota Independent Hikers (bisa diakses melalui smartphone).

 

Wakil Gubernur (Wagub)

  1. Bersama gubenur merencanakan dan mengelola kegiatan IH Provinsi.
  2. Melakukan dokumentasi atas kegiatan IH Provinsi dan mengunggahnya di mesia sosial resmi Indpendent Hikers provinsi.
  3. Menjadi admin Group Telegram IH Provinsi.
  4. Dan tugas lain sesuai dengan pembagian tugas internal antara Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris.

 

Sekretaris Provinsi

  • Mengelola administrasi/pendaftaran peserta kegiatan yang diadakan oleh IH Provinsi.
  • Mengelola keuangan kas provinsi apabila ada.
  • Menjadi admin Group Telegram IH Provinsi.
  • Dan tugas lain sesuai dengan pembagian tugas internal antara Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretaris.

 

 

Bacaan Penting Lainnya Untuk Mengenal Independent Hikers

 

 4,175 total views,  2 views today