“Independent Hiking” atau “Sistem Mendaki Mandiri” adalah suatu cara mendaki gunung yang mana setiap pendaki berusaha mandiri (tidak bergantung pada pendaki lain) dalam memenuhi kebutuhan pribadinya selama di gunung.

Seorang yang mepraktekkan Sistem Mendaki Mandiri disebut “Independent Hiker”. Dalam kegiatan mendaki gunung yang dilakukan oleh Independent Hiker bisa merupakan pendakian sendiri ataupun mendaki bersama-sama. Kalaupun berangkat mendaki bersama-sama, seorang Independent Hiker tetap membawa semua perlengkapan dan logistiknya sendiri.

 

Seorang Pendaki disebut “Independent Hiker” apabila memenuhi 3 syarat berikut:

  1. Membawa semua peralatan mendaki sendiri
  2. Membawa semua kebutuhan logistik (makan/minum) sendiri
  3. Mengetahui peta/rute/jalur pendakian di gunung yang sedang didaki

 

Seorang pendaki TIDAK disebut “Independent Hiker” apabila:

  1. Bagi-bagi barang bawaan dengan kelompok
  2. Hanya membawa sebagian perlengkapan mendaki
  3. Memakai jasa porter untuk membawakan kebutuhan pribadinya.
  4. Bergantung kepada kelompok dalam memenuhi kebutuhan pribadi di gunung
  5. Tidak mengetahui peta/rute/jalur pendakian sehingga bergantung kepada leader atau penunjuk jalan

 

Kelebihan Sistem Mendaki Mandiri

  1. Lebih NYAMAN, karena selama pendakian kamu menggunakan peralatan pribadi yang hanya dipakai sendiri, atau hanya dipakai berdua dengan pasangan-mu. Tidak ada peralatan yang dipakai banyak orang secara bersama atau bergantian.
  2. Lebih AMAN, karena apabila kamu membawa semua perlengkapan sendiri, kamu tetap bisa bertahan hidup di gunung, meskipun kamu terpisah dengan rombongan ketika mendaki.
  3. Cocok diterapkan untuk pendaki yang suka mendaki sendirian agar mendapatkan sensasi petualangan yang lebih ekstrim.
  4. Cocok diterapkan dalam kegiatan pendakian masal, misalnya pendakian bersama ratusan orang sekaligus dalam rangka merayakan hari ulang tahun komunitas. Karena setiap pendaki membawa peralatan dan logistik sendiri-sendiri, maka panitia tidak perlu repot mengatur peralatan dan logistik untuk ratusan orang.

 

Jika Mendaki Dengan Pasangan atau Keluarga Bagaimana? Apakah Mandiri Artinya Tidak Boleh 1 Tenda?

Pengecualian untuk Independent Hiker mendaki dengan pasangannya (Suami Istri), keluarganya (Adek Kakak), atau sahabat dekatnya, maka boleh hanya membawa 1 tenda dan 1 peralatan masak yang cukup untuk memenuhi keperluan dirinya dan pasangan, keluarga atau sahabatnya. Dengan catatan bahwa dirinya dan pasangannya, keluarganya atau sahabatnya tersebut harus selalu berjalan bersamaan, tidak boleh terpisah sepanjang pendakian.

Dengan kata lain, Sistem Mendaki Mandiri tidaklah membatasi keluarga, pasangan atau sahabat untuk bisa berkumpul bersama dalam 1 atap (1 tenda) di gunung. Yang penting, 1 orang atau 1 kelompok orang yang saling kompak harus mandiri dalam memenuhi kebutuhannya di gunung.

 

Bacaan Penting Lainnya Untuk Mengenal Independent Hikers

 

 5,976 total views,  2 views today